Berenang Dapat Membuat Paha Kencang

Olahraga di dalam air tak hanya berenang saja. Di kolam renang, anda bisa menyempatkan diri melakukan latihan ringan yang efeknya sangat besar untuk kebugaran tubuh dan kesehatan jantung. Latihan ala MaryBeth Pappas Baun, penulis buku Fantastic Water Workouts ini bisa membantu Anda mendapatkan paha yang lebih ramping dan kencang.

Gerakan melawan tekanan air akan membakar kalori lebih banyak daripada gerakan di udara bebas. Selain itu, Anda tidak akan merasa terlalu lelah. Sambil menikmati segarnya air, tubuh pun kembali bugar.

Siap mencoba?

Pemanasan di luar air

Pertama-tama, lakukan pemanasan sebelum Anda masuk ke dalam air. Pemanasan dan peregangan ini sangat penting untuk mencegah otot Anda mengalami kram di dalam air. Regangkan seluruh bagian tubuh Anda dari atas hingga bawah. Kemudian lakukan lari-lari kecil.

Pemanasan di dalam air

Setelah masuk ke dalam air, lakukan pemanasan lagi supaya tubuh dan jantung beradaptasi dengan suhu air. Berdirilah di dalam air dengan kaki membuka selebar bahu dan tangan di pinggang. Buatlah gerakan melingkar searah jarum jam. Bergeraklah perlahan, lakukan gerakan melingkar ini sebanyak delapan kali. Kemudian lakukan gerakan yang sama dengan arah sebaliknya.

Lompat ke samping

Rapatkan kaki, turunkan tangan ke samping badan, kemudian ambil posisi setengah berjongkok. Dalam satu gerakan, angkat tangan Anda setinggi bahu, lalu melompatlah sekitar 50 meter ke samping kiri. Lakukan lompatan ke kiri sebanyak empat kali, kemudian lakukan lompatan sama ke kanan.

Untuk mencegah nyeri di pinggang dan di punggung, kencangkan otot perut Anda saat melompat.

• Posisi setengah jongkok

Tegakkan badan kembali dengan kaki rapat dan tangan di samping badan. Angkat kedua tangan setinggi bahu, melangkah ke kiri dengan kaki kiri, lalu ambil posisi setengah jongkok hingga paha lurus sejajar dengan lantai dasar kolam selama beberapa detik. Jaga kepala tetap tegak di atas air dan dada terangkat. Kemudian angkat kaki kanan merapat ke kaki kiri dan tegakkan badan. Lakukan gerakan ke arah sebaliknya. Ulangi masing-masing empat kali ke kanan dan ke  kiri.

Gerakan berjalan

Lakukan gerakan seperti berjalan di tempat. Posisi tangan berada di samping tubuh. Angkat lutut kanan, lalu melangkah ke kanan. Ulangi gerakan dengan kaki kiri. Saat mendaratkan kaki, tubuh sedikit berjongkok, dan angkat tangan melebar ke samping badan. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 20 kali

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: